Jumat, 17 Oktober 2014

Sodom dan Gomora

tgl 26 okt 14
Allah memelihara orang benar tetapi menghancurkan orang jahat

kej 18:16  dan kej 19
Tujuan Pelajaran:
Memegang firman Allah dan hidup benar di tengah-tengah kejahatan.
Ayat Hafalan:
“Sebab Tuhan mengenal jalan orang benar.” (Mzm. 1:6a)

pendahuluan
shalom adik adik, siapa di sini yang bisa menahan cenggeng jika di marahin mama? tahan teriak jika gak di beliin mainan, tahan marah jika gak dapat nilai bagus?
nah denger kakak cerita ya, tentang Lot(keponakan dr Abraham). dia hidup di kota Sodom(penuh dengan dosa), dan setelah Lot tinggal disana, Lot tau itu kota penuh dengan dosa dunia, namun dia tetep tidak mau ikut-ikutan kejahatan, siapa di sini yg suka ikut kejahatan?
nah betul Lot tetap melakukan kebenaran.

Inti
keberanian dalam kebenaran gak hanya omdo, tp juga berani bicara memohon pada Tuhan demi satu kota, sebenarnya Abraham sudah mengetahui jika kota SOdom n Gomora tidak berkenan pada Tuhan , dan Abraham tahu bahwa sedikit yang melakukan kebenaran karena d dlam ny pada hidup sesuai keinginan daging mereka.

yg penting bukan hanya Abraham namun juga Lot, Lot mengerti saat tinggal di kota Sodom, dia berada di tengah-tengah kejahatan, apa yg di lakukan Lot? mengikuti gaya orang Sodom? atau mengeluh pada Tuhan? yg dia lakukan dalam kejadian 19 , Lot tau malaikat menghampirinya (tanda Lot tau kebenaran), sampai memaksa supaya malaikat itu masuk kerumah Lot, lalu di hidangkan semua yg terbaik seperti Abraham minggu lalu memberi pada 3 tamu ny.
tujuan malaikat datang adalah (ayat 13) sebab kami akan memusnahkan tempat ini, karena banyak keluh kesah orang tentang kota ini di hadapan TUHAN; sebab itulah TUHAN mengutus kami untuk memusnahkannya."

lalu apa sia-sia Abraham berdoa untuk saudarany? gak sia-sia
(ayat 29)Demikianlah pada waktu Allah memusnahkan kota-kota di Lembah Yordan dan menunggangbalikkan kota-kota kediaman Lot, maka Allah ingat kepada Abraham, lalu dikeluarkan-Nyalah Lot dari tengah-tengah tempat yang ditunggangbalikkan itu.

penutup
ad 2 hal yg kita ambil dari kisah ini
Lot= walaupun di tengah-tengah kejahatan dunia, namun Lot tetap percaya dan mengasihi Tuhan.
Abraham= apapun yang Abraham dengar perintah Tuhan, Abraham penuh belas kasih kepada mereka yg melakukan kebenaran dan teringat pada saudarany dan memintah permohonan pada Tuhan.(jika di pihak benar , Abraham tidak takut berbicara isi hatinya pada Tuhan).


nb: kej 18( Tuhan menceritakan kepada Abraham)
(20) Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: "Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya.
(21) Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang telah sampai kepada-Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya."

2 komentar:

  1. segala yang terjadi didalam hidup kits manusia tidak ada yang kebetulan maka belajaralah untuk peka dengan suara Tuhan dan mau melaksanakan apa yang Tuhan perintahkan.Trima kasih banyak untuk Ringkasan ceritanta yang sangat menginspiasikan anak - anak dalam membaca kiranya semakin dibuat lagi dengan edisi - edisi yang lebih menarik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ka, yuk sama2 buat artikel lagi.^^

      Hapus