Kamis, 15 Mei 2014

Yesus janjikan Penghibur

14:15-31 = Yesus menjanjikan Penghibur selalu ada.
(Mat 26:31-35; Mr 14:27-31; Luk 22:31-34)

kelompok MUSA .
ayat hafalan yoh 14:17

Pendahuluan
Shalom teman-teman, bagaimana kabarnya? cici mau tnya , kita ber andai ya. jika orang yang kita sayangi di panggil Tuhan kira-kira perasaannya seperti apa?
sedih? menanggis? itu yang di rasakan juga ibunya Yesus. 
lalu apa yang di lakukan Maria? dia sedih n menanggis, namun dia juga tau semua rencana dari Allah , maka Yesus berkata ayat di 26 " tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu."

inti
apapun yang terjadi dalam hidup kita yang membuat kita sedih dan give up, kalian harus ingat Yesus menjanjikan penghibur.
ayat (27) Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Setelah Yesus mati di kayu salib yang terjadi adalah
1. Yesus mempersiapkan Rumah Bapa
2. Yesus menjanjikan Penghibur aktif yaitu Roh kudus

knp menjanjikan penghibur melewati Roh kudus?
1. karena Roh kudus, kita tau kebenaran (benar/salah)
jadi mengerti bagaimana bersikap, bertindak, mengambil keputusan.
2. karena Roh kudus, kita dapat mengasihi Yesus sepenuh hati kita dan melakukan perintahNya.
(21) Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."

penutup
temen-temen , kita harus sadar ada penghibur saat Yesus meninggalkan dunia, namun Roh Kudus tetap ada dalam diri kita dulu skrng n selama-lamany, ada roh kebenaran di dalam mu dan dlm ku, namun jika mengikuti perintah-perintahnya.

1 komentar:

  1. saudari.
    Parakletos atau penghibur yang dijanjikan Yesus itu bukanlah Roh Kudus.
    mengapa?
    Karena Roh Kudus telah ada sejak Yesus akan dikandung Maria. Ketika Yesus dibaptis, Roh Kudus juga hadir. Ketika Yesus dicobai Iblis, Roh Kudus menyertai Yesus.
    jika ada pendapat mengatakan bahwa Parakletos itu adalah Roh Kudus, maka itu adalah pendapat yang salah besar.

    BalasHapus