Jumat, 19 April 2013

FIRMAN TGL 21 APRIL 2013

Wl: Resti
Singer : Brian
Lagu: Yang terutama (D), hari ini hari yang telah di jadikan Tuhan (C),  Apapun masalah (C), O sukacitaku (C), Persembahan: Yesus pokok, Firman: Dia Megerti (G).
Firman: Elvira ( Daud ), Resti ( Yosua ), David ( Musa ).

Tema : MENJADI TERANG ( Yoh 1:5-10)
Ayat Hafalan: Mat 5:16a ( Daud )
                       Mat 5:16a " Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang"
                       Mat 5:16 " Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatan mu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." 

Pendahuluan 
Shalom adik-adik, di sini ada yang saat mati lampu di malam hari? ada yang masih takut? jangan takut karena kuasa Tuhan lebih besar.^^
Siapa yang mau jadi orang pintar? jadi dokter? jadi ilmuan atau penemu sesuatu? dengarkan ya cerita ini. Kakak dengar cerita, ada seorang anak laki-laki yang malas belajar, nakal juga. Guru yang mengajarinya di sekolah sudah pusing katanya, " Anak ibu bodoh, juga malas belajar, suka lari-larian juga, ibu bawa pulang anak ini dan ajarkan di rumah saja". siapa di sini malas belajar? nanti kaya si cowok ini di suruh belajar di rumah, tapi ibu nya sangat luar biasa bilang " Nak, kamu tidak bodoh, kamu tidak malas, dan kamu tidak nakal, kamu hanya butuh baca buku setiap harinya, kamu ini anak pintar, ibu bangga sama kamu". Karena perkataan ibunya menyemangati anaknya ini, anak tersebut pagi-pagi benar pun membaca buku yang di perintahkan ibunya, walaupun kadang hanya membaca 1 kalimat saja. Tapi dari hari ke hari, anak ini menjadi gemar membaca buku. dari situlah anak ini menjadi dewasa dan semakin pintar, dan gak di sangka dia penemu lampu, siapa lagi kalo bukan Thomas Alva Edison (lahir 11 Februari 1847 – meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun) adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting.
Mau pintar seperti beliau? Belajar terus dan jangan lupa juga membaca firman Tuhan.

Inti 
Dari cerita di atas, kita hari ini belajar menjadi terang.
Yesus datang ke dunia menjadi sama dengan manusia, tujuan nya bukan hanya menyelamatkan dunia saja, tapi juga mau kasih tahu. Cara hidup anak Kristus tuh seperti apa sih, yuk kita simak.
Ingat cerita Ibu Elisabet dong? yang sudah dikatakan mandul(tidak bisa punya anak lagi), juga umurnya tua, mana mungkin punya anak? dan betul banget anak nya adalah Yohanes yang menjadi muridnya Yesus. Saat  dalam kandungan saja, Roh Tuhan sudah melekat pada rahim Elisabet, dan Elisabet juga takut akan Tuhan. Sehingga saat lahirnya Yohanes di dunia, imam sudah bernubuat bahwa lewat anak ini akan banyak orang berbalik pada Tuhan.
Yohanes di katakan terang, seperti dalam kegelapan kita butuh senter, lilin, lampu, dll. itulah tugas Yohanes lahir di dunia untuk memberi kesaksian tentang terang Yesus supaya orang percaya.
Trus apa yang mesti kita lakukan? supaya juga menjadi pembawa terang seperti Yohanes?
1. Berdoa untuk orang yang kita gumulkan, baca firman supaya Roh Tuhan ada di dalam diri kita.
2. Lakukan firman, supaya orang melihat terang Yesus dari sikap dan tingkah laku kita.

Penutup
Adik -adik , kita kan anak Tuhan Yesus, maka gak ada salahnya kita pembawa-pembawa terang Yesus dari hidup kita, supaya teman-teman kita juga kenal sama Yesus. Supaya dimana pun kita berada, kita menjadi pembawa terang yang dibutuhkan dimana saja.
Perkataan Yesus adalah jadikan semua bangsa murid ku, supaya gak hanya kita yang kenal siapa penerang hidup kita, tapi saudara, teman-teman tahu siapa penerang hidup kita, siapa lagi namanya adalah Yesus Kristus, beri kemuliaan baginya.

Aktifitas nya bisa bermain tutup mata, gambar alat penerang, teka-teki silang, atau bisa juga tempel gambar. 

Selamat Melayani.GBU Lv^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar