Kamis, 22 Agustus 2013

saling melayani ( marta dan maria)

Lukas 10:38-42
ayat hafalan Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah. 1 Petrus 4:10

pendahuluan
Banyak kisah “aneh” di dalam Alkitab. Maksudnya, kisah yang menggelitik keinginan untuk bertanya. Salah satunya adalah kisah singgahnya Yesus di rumah Maria dan Marta dari kampung Betania. Mengapa “aneh”? Sebab anjuran untuk melayani sangat ditekankan oleh Injil Lukas. Sekarang tiba-tiba ketika ada orang melayani, Yesus malah menegurnya. Mengapa?

Marta, dalam kisah ini disebutkan “sibuk sekali melayani”. Ia melayani sedemikian rupa, sehingga tidak bisa melihat pentingnya apa yang dilakukan oleh Maria, yaitu “duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya”. Ia tidak mengerti tindakan Maria. Sementara itu, ia melayani sambil menggerutu dan mengasihani diri. Padahal apa yang dilakukan Maria adalah bagian utama dari tindakan melayani. Hati yang menyembah dan rindu mendengar suara Tuhan ibarat mata air dari sebuah tindakan pelayanan. Tanpa itu, melayani hanya akan menjadi sederet “kesibukan” dan kegelisahan yang serba “menyusahkan diri dengan banyak perkara”.

Marta tidak sendiri. Sebagai pelayan di pelbagai aktivitas kristiani, kita pun kerap begitu sibuk dan kehilangan sukacita. Sebagai gantinya, kita terus mengeluh, mengasihani diri, dan mencela sesama pelayan. Satu hal yang harus kita ingat: kita bukan melayani “sesuatu”, melainkan “Seorang Pribadi”, yaitu Yesus. Tanpa hubungan kasih yang hangat secara pribadi dengan Yesus, pelayanan akan menjadi beban. Marta tidak keliru karena melayani. Ia keliru karena melupakan nilai penting tindakan Maria. Masihkah kita melayani karena mengasihi Yesus?


Inti
pelajaran hari ini tentang melayani, bukan hanya budak. tapi di manapun kita berada , kita perlu melayani.
supaya seperti marta dan maria (di gabungkan):
1. kita tahu waktu yang tepat, kapan mendengar firman Tuhan, kapan saat melayani.
2. Utamakan Tuhan Yesus di atas segalanya dan di aplikasikan dengan tindakan.


penutup
Maria yang suka mendengar firman, namun perlu juga melayani, bahkan marta juga suka melayani, namun perlu mendengar dengan baikfirman Tuhan.
sekarang udah mengerti ya adik-adik, di manapun kita di tempatkan, kita perlu mendengar Firman Tuhan dan juga melayani.

PELAYANAN BUKAN PILIHAN ANTARA TINDAKAN MARIA ATAU MARTA, MELAINKAN KOMBINASI ANTARA KEDUANYA 
 
 
aktivitasnya mewarnai maria dan marta.
selamat melayani^^Lv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar