Kamis, 04 Juli 2013

JAUHKAN IRI HATI

TGL 7 JULI 2013
Injil kejadian 4:1-16
ayat hafalan Amsal 14: 30 "Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang."

Pendahuluan
ada kakak beradik yang satu 5 SD, yang satu 2 SD. namanya Julio dan James, kesukaan Julio bermain bola kaki, dan James bermain musik. saat James mau meminjam bola nya untuk bermain, Julio tidak mau memberinya, saat di meja makan, Julio tidak mau berbagi minuman sprit, dll
Julio suka bermain dari pulang sekolah hingga larut jam 5 sore, sedangkan James bermain musik gitar di rumah setiap pulang sekolah.
Julio selalu di marahi ibunya karena bermain sepak bola terlalu lama, sedangkan James jarang di marahi karena James selalu ada di rumah. suatu hari, Julio mau pergi " ma, Julio pergi dulu ya".
namun mama nya memanggil Julio dan melarang Julio bermain sepak bola setiap hari, dari situ Julio berkata"tapi James boleh bermain musik setiap kali, sedangkan Julio mau main keluar tidak boleh, curang".


Inti
sering kali kita seperti Julio, kesel dengan orang tua yang begitu, kadang juga mengganggap orang tua pilih kasih sehingga menimbulkan iri hati, padahal orang tua khawatir kalo kita bermain jauh dari rumah, orang tua khawatir kalo kita tidak sayang dengan saudara sendiri. nanti akan seperti cerita Kain dan Habel. ada yang ingat cerita nya?  betul kakak nya yang iri hati dengan Habel, sehingga punya kejahatan membunuh Habel, padahal mereka bersaudara loh.
ayat 7 Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu;  ia sangat menggoda engkau , tetapi engkau harus berkuasa atasnya.

Bilang sama-sama"Jauhkan Iri Hati". kenapa mesti di jauhkan iri hati?
1. melakukan kebaikan
 karena saat kita mampu berbuat baik, berbuat baik supaya tidak ada kejahatan di dalam diri kita.
2. lepas dari hukuman Bapa di surga
Supaya Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang. karena ada iri hati, maka Bapa di surga menghukum Kain untuk hidup dan menerima pekerjaan yang sulit di esok hari.

Penutup
adik-adik sebagai kakak, menjaga adik itu menjadi kewajiban. sebagai adik menghargai kakak nya supaya tahu menempatkan diri dimana berada.
jauhkan iri hati lebih baik, karena setiap kita memiliki potensi yang berbeda-beda. jadi kenapa mesti iri hati dengan teman yang pintar mat, mungkin kamu pintar B.Inggris, jadi keluarkan potensi mu dan mendukung potensi orang lain, sehingga iri hati tidak apa pada mu.

Aktivitasnya membuat gambar kakak adik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar