Kamis, 20 Juni 2013

Kaleb Dan Musa

untuk tgl 23 Juni 2013

Bilangan 13:25-33
Ayat Hafalan : 1 Yoh 4:18"di dalam kasih tidak ada ketakutan; kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barang siapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih."

Siapakah Kaleb :
1. Pemimpin Bani Yehuda (Kel 14:6)
2. 1 dari 12 pengintai (Bil 13:6)
3. Anak dari Yefune, Orang KENAS (Kel 14:6)

Pendahuluan
Shalom adik-adik, mama masak biasa menggunakan kuali, adik-adik belajar membawa buku, dan polisi senjatanya pakai? Pistol. sekarang kalau iblis menggunakan senjata apa ya, supaya ank-anak Tuhan sasaran nya menjadi tidak percaya pada Yesus Kristus? hmhmhmhm... senjata nya ada di dalam diri kita, salah satunya adalah ketakutan.
Ada cerita 12 Pengintai, di dalam nya ada Kaleb dan Musa. Kaleb dan Musa memerintahkan 10 orang untuk mengintai negri Kanaan apa penduduknya banyak? bagaimana negri itu? banyak pohon kah? dll
selama 40 hari lamanya 10orang yang mengintai telah pulang dan melaporkan apa yang mereka lihat disana, katanya " benar banyak berlimpah susu dan madu nya, namun bangsa yang diam di negri itu kuat-kuat dan kota-kotanya berkubu sangat besar.
namun ada Kaleb yang memenangkan di depan Musa, " Tidak! Kita akan maju dan menduduki negri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!"
walaupun badan mereka seperti raksasa tapi Yesus tetap bersama kita. akan menepati janji, kita menginjak tanah Kanaan.


Inti
Mengapa Kaleb bisa seyakin itu? Karena ia percaya jika Tuhan sendiri berjanji untuk memberikan tanah itu kepada bangsanya, maka Tuhan pun pasti akan membantu dalam prosesnya. Tuhan yang memberi, masa Tuhan membiarkan mereka binasa? Kaleb memiliki iman yang teguh, itu membuatnya mampu percaya kepada Tuhan.

1. Kaleb memiliki iman teguh
2. rintangan di hadapi karena rencana Tuhan dan akan ada solusinya
3. bertindak dalam iman

Penutup
Yuk kita menjadi anak pembrani dan memiliki iman seperti Om Kaleb dan Om Musa, ambil bagian yang menjadi rencana God dan percayalah Yesus Kristus selalu ada di pihak kita.
Saat kita beriman , pasti ada tindakan supaya mendapat hasil, jd jangan takut dengan kehidupan sederhana, dengan daya tangkap kurang, dengan apa kata orang lain.

Tambahan
jadi Kaleb bukan orang Yahudi, ia adalah orang Edom.
Orang Edom adalah orang2 di luar perjanjian.
Karena kasih karunia Tuhan, Kaleb masuk ke dalam perjanjian
Apa yang terjadi 45 tahun yang lalu (Bil 13-14) :
1. Kaleb adalah 1 dari 12 pengintai yang dikirim Musa mengintai negeri Kanaan.10 orang pengintai dan seluruh bangsa tidak percaya dapat memasuki negeri perjanjian karena orang2 Enak yang tinggal didalamnya. Hanya Kaleb dan Yosua yang tetap percaya
2. Kaleb menaruh keyakinannya pada Tuhan. Ia percaya pada kekuatan Tuhan, janji Tuhan, kehadiran Tuhan dan perlindungan Tuhan (Bil 14:8-9)
3. Tuhan memperhatikan iman dan kesetiaan Kaleb dan Tuhan berjanji bahwa umur Kaleb akan diperpanjang, Kaleb akan masuk ke tanah perjanjian, dan Kaleb akan mendapatkan Hebron sebagai milik pusakanya.

saat itu telah 45 tahun berlalu dari saat Tuhan berjanji. Kaleb telah berumur 85 tahun, dan ia belum mendapatkan apa yang dijanjikan Tuhan padanya.
seluruh angkatan 45 tahun lalu yang telah dewasa telah mati di padang gurun, dan bahkan Musa sang pemimpin telah ditolak untuk masuk ke tanah perjanjian.

Bagaimana respon Kaleb saat itu (45 tahun kemudian)? (Yos 14:10-13)
1. Kaleb menyatakan kesetiaan Tuhan dalam memegang janji-Nya
2. kaleb menyatakan imannya dan mengklaim janji Tuhan padanya
Jadi apa yang dapat kita pelajari dari cerita tentang Kaleb ini?
1. Jangan pernah lupakan kasih karunia Tuhan dalam hidupmu (Yos 14:6,13,14)
Kita seperti halnya Kaleb yang berada di luar perjanjian, Yesus lah yang mengangkat kita masuk ke dalam perjanjian. Hanya karena kasih karunia Tuhan-lah kita dapat masuk ke dalam perjanjian-Nya
2. Bagaimana kita menanggapi kasih karunia tersebut : Mengikuti Tuhan Allahmu dengan sepenuh hati (Yos 14:8,9,14)


Selamat melayani ^^ Lv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar