Kamis, 21 Maret 2019

Kasih itu membangun

1 korintus 8:1b (Pengetahuan yang demikian membuat orang menjadi sombong, tetapi kasih membangun.)

siapa yang tidak bangga jika ulangannya mendapat nilai bagus? apalagi mendapat nilai 100. cuma jika tidak di landasi dengan kasih, akan timbul sikap kesombongan. ya wajar sih jika sombong ada pembuktiannya daripada sudah dapat nilai jelek lalu sombong, namun dengan sikap sombong ini yang akan menghilangkan kasih dalam hidup kita, bahkan kita tidak dapat mengasihi sesama kita karena pengetahuan kita yang cukup bagus. padahal dengan ada sikap kesombongan dalam hidup kita, kita hanya akan mengurangi pertemanan dan kehilangan rasa rendah hati kita. ada dua cara supaya kasih yang kita dapat dari Tuhan dapat bertahan:
1. Tunjukkan bahwa kita mengasihi Tuhan.
jika kita berbuat baik bukan supaya Tuhan berbalik mengasihi kita. mau kita orang jahat sekalipun, Tuhan tetap mengasihi kita. justru dengan tindakan kita yang benar semakin sering , itu artinya kita sayang sama Tuhan. kayak sama DOI pasti kita sayang sama DOI dan akan meelakukan apa saja buat DOI kan?
coba kita cinta sama Tuhan jauh lbh sayang daripada sama DOI.
1 Korintus 13:4-7
Kasih itu sabar 1 ; v  kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. w  13:5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. x  Ia tidak pemarah y  dan tidak menyimpan kesalahan z  orang lain. 13:6 Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, a  tetapi karena kebenaran. b  13:7 Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung c  segala sesuatu.

isi ayat ini hanya salah satu untuk kita mengerti menunjukkan kasih Tuhan kepada sesama kita.

2. tetaplah menjadi berkat.
dimanapun kita, dan kemana saja kita. kita bawa nama Tuhan, orang akan mengenal Tuhan dari buah(kita)-Nya. nah walaupun tidak ada orang yang kita takuti sekalipun, tetaplah kita berlaku jujur dan melakukan yang benar di hadapan sesama manusia, anggap saja ada CCTV Tuhan, sehingga walaupun tidak ada satu orangpun yang melihat kita,kita akan tetap melakukan kebenaran.
ini perintah dari Tuhan supaya buah kita pun dapat di bagikan ke semua orang dan orang akan merasakan kasih Tuhan.

boleh berserah tapi jangan menyerah.GBU

1 komentar:

  1. Shalom adik-adik yang terkasih dalam Tuhan. Apakah adik-adik di kelas Sekolah Minggu sudah belajar bagaimana bunyi teks asli perintah untuk mengasihi Tuhan dan sesama kita dalam bahasa Ibrani seperti yang Yesus ucapkan untuk menjawab pertanyaan dari seorang ahli Taurat tentang hukum mana yang paling utama? Kalau belum mari kita bersama-sama belajar membacanya sesuai dengan cara orang Yahudi membaca, bersama dengan orang tua, kakak, adik, teman-teman dan guru-guru Sekolah Minggu. Berikut teks aslinya dalam huruf Ibrani dan cara membacanya

    Ulangan 6 : 4 - 5, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ " ( Shema Yisrael! YHWH ( Adonai ) Eloheinu, YHWH ( Adonai ) ekhad. V'ahavta et YHWH ( Adonai ) Eloheikha bekol lebavkha uv'kol nafshekha uv'kol me'odekha. " )

    Imamat 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ ( V'ahavta lereakha kamokha. " )



    ( Dikutip juga di Matius 22 : 36 - 39, Markus 12 : 29 dan Lukas 10 : 27 )

    Setelah pengucapan Shema diikuti juga dengan mengucapkan berkat seperti ini

    " בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod, Malkuto lecolam va' ed, artinya diberkatilah nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya dan kekal )

    Semoga bermanfaat
    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

    BalasHapus